Jenis - Jenis Cucak Ijo Lengkap Dengan Harga dan Ciri Khasnya

Anda semua pasti sudah tidak asing dengan burung cucak ijo. Burung dengan kicauan yang nyaring dan gacor ini menjadi incaran para kicau mania di seluruh Indonesia.



Namun jangan salah, ada beberapa jenis cucak ijo yang bisa anda temui di Indonesia. Mulai dari cucak ijo mini, Kalimantan, Sumatra, Jawa Timur dan rante. Semuanya memiliki ciri dan perbedaanya masing – masing. Sehingga, tiap orang memiliki pendapat berbeda mengenai jenis mana yang paling bagus.

Oleh karena itu, kita akan membahas tentang semua jenis cucak ijo beserta perbedaan, ciri dan harganya.

Cucak Ijo Kalimantan


Sesuai dengan namanya, cucak ijo Kalimantan berhabitat asli di pulau Kalimantan. Ciri cucak ijo Kalimantan yang paling identik adalah ia memiliki mental petarung yang tangguh. Tak heran jenis ini menjadi jenis yang paling sering dibawa ke perlombaan.

Ukuran tubuhnya juga lebih besar dengan warna hijau yang lebih cerah. Hal inilah salah satu perbedaan cucak ijo mini dengan Kalimantan yang paling terlihat. Oleh karena itu, jangan sampai tertipu bila anda ingin membeli jenis Kalimantan.

Harga cucak ijo Kalimantan bakalan berkisar antara RP.500.000 hingga Rp.700.000 per ekornya.

Cucak IJo Mini


Cucak ijo mini merupakan jenis cucak ijo paling laris dan paling mudah ditemui di Indonesia. Diberi nama mini karena ukuran tubuhnya yang kecil. Namun jangan salah, dengan tubuh kecilnya ia bisa menghasilkan kicauan yang lebih merdu dibandingkan jenis Kalimantan.

Hanya saja, suara kicauannya tergolong tidak konsisten. Kadang bisa nyaring, kadang bisa pelan pula. Tergantung bagaimana mood, birahi, dan kondisinya.

Harga cucak ijo mini saat ini tergolong lebih murah. Hanya sekitar Rp.350.000 untuk bakalan per ekornya.

Cucak Ijo Sumatera


Sama seperti jenis cucak ijo Kalimantan, burung cucak ijo Sumatera juga diberi nama berdasarkan pulau Sumatera yang menjadi habitat aslinya. Cara membedakan jenis yang satu ini juga cukup mudah, sebab cucak ijo sumatera memiliki ciri fisik yang khas.

Bagian kepala burung ini terdapat tambahan warna kuning dan biru cerah. Selain itu, cucak ijo Sumatera memiliki tubuh yang paling ideal, tidak terlalu besar maupun kecil.

Untuk melatihnya, anda perlu menyandingkan jenis ini dengan burung lain. Sebab jika sendirian, kicauan yang ia keluarkan cenderung monoton.

Cucak ijo Sumatera bakalan dijual dengan  harga Rp.500.000 per ekornnya. Terbilang murah untuk ukuran burung besar.

Cucak Ijo Rante


Jenis  cucak ijo yang berikutnya adalah cucak ijo rante atau biasa disebut cucak rante. Jenis ini memiliki harga termurah dan paling sedap dipandang tubuhnya.

Ketika masih anakan, mungkin cucak rante terlihat seperti burung cucak ijo pada umumnya. Namun ketika tumbuh dewasa, akan terdapat gradasi warna hijau dan biru di sayap dan ekornya. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama cucak rante.

Selain itu ukuran tubuhnya juga lebih kecil, sehingga harga jualnya lebih murah. Dengan budget Rp.300.000 anda sudah bisa mendapatkan satu ekor cucak rante bakalan.

Cucak Ijo Banyuwangi


Jenis yang terakhir sekaligus terbaik adalah cucak ijo Banyuwangi. Jika anda ingin mencoba bisnis ternak cucak ijo, Banyuwangi menjadi jenis yang sangat disarankan khususnya untuk pemula.

Hal ini dikarenakan cucak ijo Banyuwangi memiliki kicauan paling gacor dan bervariasi dibandingkan jenis lainnya. Selain itu, mental petarungnya pun cukup tangguh untuk diikuti lomba.

Ukuran tubuh jenis ini terbilang besar dan sifatnya atraktif. Tak heran, harga jualnya paling mahal dibandingkan jenis lainnya. Anda perlu menyiapkan minimal Rp.800.000 untuk mendapatkan cucak ijo banyuwangi bakalan.

Nah, demikianlah jenis – jenis cucak ijo lengkap beserta harga dan ciri – cirinya. Anda bisa tentukan sendiri mana jenis cucak ijo yang paling bagus.

0 Response to "Jenis - Jenis Cucak Ijo Lengkap Dengan Harga dan Ciri Khasnya"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini