7 Bisnis Sampingan yang Paling Cocok Untuk Pecinta Burung

Sebuah bisnis merupakan usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh suatu perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat)  dengan tujuan utama untuk memperoleh suatu keuntungan atau biasa dikenal dengan profit.

Banyak orang bilang bahwa bisnis yang paling mudah dijalankan adalah bisnis yang sesuai dengan hobi kita. Salah satunya adalah yang ada kaitanya dengan kebutuhan burung kicau.

Cara mudah ternak kroto
Ternak kroto


Hampir 20% orang di indonesia mempunyai burung peliharaan di rumahnya. Setiap burung yang dipelihara pasti membutuhkan berbagai macam sandang dan pangan seperti manusia, agar burung tetap hidup dan berkicau dalam sangkar.

Peluang tersebut sangatlah bagus bagi kita sebagai pecinta burung untuk memanfaatkannya. Apa saja sih bisnis seputar burung kicau yang sangat menguntungkan?

Bisnis Seputar Burung Kicau


1. Membuat Pakan & Ramuan Lovebird

Lovebird merupakan burung yang paling favorit dan selalu ramai di gantangan. Untuk bisa ngekek panjang, lovebird membutuhkan perawatan yang bagus dan suplemen untuk mendongkrak staminanya agar tampil maksimal saat lomba.

Sangat banyak para pecinta lovebird yang mencari pakan racikan maupun vitamin untuk lovebird lomba, sehingga anda bisa memanfaatkan hal ini menjadi sebuah bisnis produsen pakan & suplemen lovebird.


2. Bisnis Vitamin burung

Obat burung atau vitamin burung juga sangat banyak dicari. Namun untuk membuat vitamin burung, anda harus berkolaborasi dengan dokter hewan terlebih dahulu demi keamanan dan kepercayaan pelanggan.

Namun banyak juga yang membuat vitamin hasil racikan sendiri. Bahkan laku sangat keras dan sudah mempunyai banyak reseller. Menurut saya sih tidak masalah, asalkan bukan berupa doping yang bahaya bagi burung.


3. Jual Burung Ombyokan

Burung ombyokan yang paling banyak dicari adalah burung-burung kecil untuk masteran, maupun burung lain. Dalam jumlah yang besar, harga burung ombyokan relatif murah karena berasal dari luar pulau jawa.

Cocok banget untuk dijadikan sebagai bisnis anda dengan cara menjualnya secara eceran. Selain jual secara eceran anda juga bisa menjual borongan asal masih tetap mendapatkan keuntungan.


 4. Toko Pakan Burung & Aksesoris

Bisnis yang satu ini memang membutuhkan modal yang lumayan besar. Anda harus menyediakan barang yang akan dijual untuk keperluan burung, misalnya pakan burung (voer, jangkrik, ulat, dll), vitamin dan obat burung, aksesoris sangkar, dan lain sebagainya.

Toko burung bisnis yang menjanjikan


Untuk menghemat modal, anda bisa menyewa toko dan menyediakan sedikit demi sedikit. Namun barang wajib untuk burung harus selalu anda sediakan, seperti jangkrik dan voer burung. Barang lain bisa menyusul kurun berjalanya waktu sambil merintis toko anda.


5. Jasa Rawat Burung Lomba

Banyak bos-bos besar pemain burung kicau yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya, sampai dia tidak bisa merawat burung gacoanya. Dengan demikian, sangat bisa untuk dijadikan sebagai penghasilan tambahan bagi anda.

Ada salah satu teman saya yang menerima titipan burung untuk ia rawat, setiap harinya diberi upah sebesar 50rb tiap 1 burung yang dititipkan.

Merawat Burung Lomba

Pertama kali ia hanya merawat 1 burung titipan, namun seiring berjalanya waktu, orang yang menitipkan burung tersebut merekomendasikan kepada teman lainya. Hasilnya sekarang lebih dari 7 burung ia rawat dan semuanya merupakan burung juara milik bos-bos besar.


6. Bisnis Ternak Kroto 

Standar harga kroto saat ini di Jawa Tengah mencapai 230rb per kilo gram, mungkin harga di daerah lain juga hampir sama. Saya rasa harga kroto semakin lama malah semakin mahal. Sangat susah untuk mendapatkan kroto karena tidak setiap bulan semut rangrang di alam bertelur.

Kekurangan kroto inilah yang bisa kita manfaatkan untuk ternak kroto dirumah, kroto segar pasti akan laku keras dipasaran bahkan sampai rebutan untuk mendapatkan kroto. Dengan modal yang tidak terlalu banyak anda sudah bisa menjalankan bisnis menjanjikan ini.


7. Membuka Tempat Lomba Burung

Membuat tempat lomba burung atau tempat gantangan memang membutuhkan modal yang besar. Selain modal untuk tempat, anda juga harus menyediakan EO, dan juri untuk lomba.

Ditempat saya terdapat 4 tempat gantangan di setiap kecamatan. Yang saya herankan setiap gantangan pasti selalu ramai, ada aja yang gantang burung setiap harinya.

Membuat tempat gantangan merupakan investasi jangka panjang, yang tidak bisa langsung pulih modal dalam 1x event. Setidaknya anda membuka kelas latber minimal seminggu sekali dan latpres tiap 3 bulan sekali.

Untuk menarik peserta  agar gantangan anda selalu ramai buatlah bonus hadiah yang unik, misalnya ada kelas tanpa potongan hadiah setiap latber dan digilir setiap jenis burungnya. Selain hadiah yang menarik, kejujuran juri dan EO lomba menjadi kunci utama keramaian lomba burung.


Tips Menjalankan Usaha Perburungan

Untuk memperlancar usaha anda, perluaslah jangkauan teman satu hobi anda. Anda bisa mencari sesama penghobi di gantangan, maupun di forum-forum facebook dan lain sebagainya.

Kunci menjalankan sebuah bisnis di dunia burung kicau adalah ketelatenan, kesabaran, dan perjuangan yang tidak kenal lelah demi kelancaran bisnis ini.

Semoga macam macam bisnis seputar dunia burung kicau diatas bisa menjadi inspirasi anda untuk memulai kehidupan yang lebih baik lagi. Jika ada saran lain atau pertanyaan silahkan tulis saja di kolom komentar ya. Terimakasih

0 Response to "7 Bisnis Sampingan yang Paling Cocok Untuk Pecinta Burung"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel


Jual Burung

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini