Ragam Manfaat Madu Untuk Burung yang Ternyata Luarbiasa

Madu merupakan cairan kental yang berasal dari nektar bunga. Madu berasal dari timbunan nektar yang disimpan lebah di dalam sarangnya. Sejak jaman dahulu madu merupakan sumber khasiat untuk kesehatan yang sudah tidak diragukan lagi. Selain untuk kesehatan manusia, ternyata sangat banyak sekali manfaat madu untuk burung kicau loh.

Madu ternyata sangat bermanfaat untuk mendongkrak stamina burung


Madu mempunyai kandungan karbohidrat yang unik, terdiri dari gula alami, antioksidan, enzim, asam amino, bahkan vitamin dan mineral yang baik untuk membantu dalam pembakaran energi tubuh burung.

Secara alami madu mengandung mineral, kalsium dan vitamin B1, B3, asam panthothenic serta merupakan sumber vitamin C yang baik. Selain itu kandungan Asam folat dalam madu juga terbilang cukup tinggi. Sehingga anda bisa menggunakan madu sebagai sumber vitamin dan obat alami untuk segala jenis burung.

Penasaran mengenai beragam manfaat madu untuk burung kicau? Yuk langsung simak macam-macam manfaatnya dibawah ini

Madu untuk Menambah Stamina Burung

Seperti yang saya ulas diatas bahwa madu mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga bisa untuk mendongkrak stamina burung terutama bagi burung lomba. Vitamin alami untuk muraibatu saya dirumah adalah madu, dengan madu MB saya menjadi sangat bugar dan vit sehingga tampil maksimal saat di gantangkan.

Selain untuk Muraibatu, semua burung yang saya jadikan gacoan dirumah menggunakan vitamin alami madu, termasuk kacer, cucak ijo dan burung kecil lainnya. Hasilnya semua gacoan saya selalu dalam kondisi on fire dan suara menjadi jernih mengkristal.

Madu untuk Mencegah Burung Sakit

Sudah tidak diragukan lagi bahwa madu bisa menambah kekebalan tubuh. Begitu juga untuk burung, sehingga madu bisa kita gunakan untuk mencegah penyakit yang akan menyerang pada burung. Dengan rutin memberikan madu kepada burung maka akan mengurangi resiko burung sakit.

Madu untuk Mengobati Burung Serak

Semua kicau mania pasti menginginkan burungnya berkicau dengan suara yang merdu setiap harinya. Namun burung akan cenderung malas bunyi kalau sedang mengalami serak, sama seperti halnya kita. Selain mengandung karbohidrat yang tinggi, madu juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan (serak).

Oleh karena itu, madu bisa dijadikan obat alami burung serak yang sangat efektif. Pengalaman ini pernah saya berikan di burung kacer dan murai yang waktu itu suaranya serak, dalam 3 hari suara kicauannya kembali pulih lagi. Selain digunakan untuk mengobati burung yang suaranya serak, madu juga bisa digunakan untuk mencegah serak pada tenggorokan burung dan menjaga kualitas suara burung agar selalu maksimal.

Cara Menggunakan Madu Untuk Burung

Banyak yang belum tau bagaimana cara menggunakan madu yang benar, oleh karena itu saya akan memberikan tips untuk anda mengenai cara memberikan madu kepada burung yang benar menurut pengalaman saya dan rekan dirumah.

Meracik Madu Untuk Vitamin Burung


  1. Siapkan madu asli yang sudah anda beli di penjual madu, pastikan kalau madunya benar-benar asli ya agar kita bisa merasakan manfaat yang luar biasa untuk burung kita.
  2. Siapkan air hangat, campurkan madu 1 tetes setiap 1 cepuk air minum burung. 
  3. Aduk agar madu bisa merata tercampur di air minum burung
  4. Berikan kepada burung anda dirumah dan air selalu diganti setiap hari
  5. Pemberian madu bisa dilakukan H-3 Burung mau lomba dan setiap seminggu 2x untuk vitamin hariannya.
  6. Jika untuk mengobati burung serak, maka berikan setiap hari sampai suaranya kembali pulih

Akhir kata dari saya

Itulah beragam manfaat madu yang sungguh luar biasa untuk burung kicau, kalau saya bilang, madu mewakili semua vitamin burung yang dijual di pasaran. Kalau ada orang bilang kalau memberi madu untuk burung itu membuat bulu menjadi kusam dan lain-lain itu tidak benar. Bisa jadi madu yang diberikan adalah palsu dan cara pemapaikannya yang tidak benar.

Sekian postingan saya kali ini semoga bisa bermanfaat untuk rekan kicau mania semua. Jangan segan untuk bertanya pada kami, jika belum jelas. Terimakasih

0 Response to "Ragam Manfaat Madu Untuk Burung yang Ternyata Luarbiasa"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Lagi Cari  Ring Murah & Bebas Tulis nama? Klik Disini Harga Mulai 2rb!!