√ Cara Membedakan Kacer Trotol Jantan dan Betina 100% Akurat

Dalam ternak burung kacer, tentunya anda perlu tahu cara membedakan anakan kacer jantan & betina. Sebab keduanya memiliki harga yang berbeda dan tidak semua pelanggan ingin membeli sepasang anakan kacer.

Cara membedakan Kacer Trotol Jantan dan betina
Omkicau.com


Jika anda telah membaca panduan ternak kacer, pasti anda sudah tahu jika ada banyak cara membedakan kacer jantan dan betina masih anakan. Mulai dari paruh, bulu, kepala, dan bagian – bagian fisik lainnya.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas satu per satu perbedaan kacer jantan dan betina dalam berbagai cara.


Ciri Kacer Trotolan Jantan


Perhatikan Bentuk Paruh Trotolan Kacer

Cara pertama dalam mengetahui perbedaan anakan kacer jantan dan betina adalah dengan melihat bentuk paruhnya. Atau lebih tepatnya dengan melihat warna pola yang ada di bawah paruh kacer.

Paruh kacer jantan memiliki bentuk yang lebih kecil dan pendek serta cenderung tumpul di bagian ujungnya. Jika diperhatikan lebih detail, warna paruhnya full hitam dan terdapat pola garis V di bawah paruhnya.

Sedangkan kacer betina memiliki bentuk paruh yang lebih besar dan agak lancip di bagian depannya. Umumnya, anakan kacer betina memiliki paruh berwarna putih dan keabu – abuan serta warna hitam pudar di bawah paruhnya.


Bentuk Tubuh Kacer Trotol Jantan

Cara berikutnya dalam mencari perbedaan anakan kacer jantan dan betina adalah melalui ukuran tubuhnya. Jika diperhatikan ukuran tubuh kacer jantan dan betina jelas berbeda.

Membedakan anakan kacer jantan dan betina
Kacer Trotol Jantan


Anakan kacer jantan memiliki tubuh yang lebih besar dan lebih aktif. Ketika diloloh, burung ini akan makan dengan lebih cepat dan lahap.

Sedangkan anakan kacer betina memiliki tubuh yang lebih kecil dan cenderung pendiam. Kacer betina juga lebih lambat ketika makan dan cepat kenyang.


Warna Bulu Kacer Trotol Jantan Lebih Tegas

Selain dari ukuran tubuhnya, anda juga bisa mengetahui jenis kelamin anakan kacer dari bulu dan matanya.

Bulu kacer jantan memiliki warna hitam legam pada bagian punggung dan sayapnya. Sedangkan kacer betina memiliki warna bulu yang seperti hitam pudar di bagian punggungnya.


Mata Kacer Jantan Besar Melotot

Selain itu, ukuran mata kacer jantan lebih besar dan lebar jika dibandingkan dengan mata yang betina. Namun untuk cara yang satu ini, anda harus memperhatikannya baik – baik.


Trotolan Kacer Jantan Lebih Agresif

Cara terakhir untuk mengetahui perbedaan anakan kacer jantan dan betina adalah dengan memperhatikan sifatnya.

Jika dilihat secara teliti, anakan kacer jantan memiliki sifat yang lebih aktif meskipun masih diusia 2 minggu. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kacer jantan ngeriwik dari pagi bahkan hingga malam. Selain itu, ketika memasuki usia 2 bulan, kacer jantan akan lebih cepat dalam proses memasternya.

Sedangkan anakan kacer betina memiiki sifat pendiam dan jarang ngeriwik. Bisa dibilang, ia hanya akan ngeriwik ketika lapar dan mau makan saja. Jika sudah kenyang, kacer betina akan langsung diam seperti tidur.

Dan ketika mulai dewasa, kacer betina lebih suka bertengger saja, tidak seperti kacer jantan yang suka loncat – loncatan.


Cara 100% Paling Efektif

Sebenarnya ada satu cara lagi yang paling mutakhir dalam mengetahui jenis kelamin anakan kacer. Yaitu dengan cara DNA Sexing di laboratorium atau rumah sakit hewan terdekat. Namun untuk peternak, tentunya anda perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mengeceknya.

Nah, seperti itulah beberapa cara mengetahui perbedaan anakan kacer jantan & betina. Pastikan anda semua mengetahui jenis kelamin kacer agar bisa menentukan harganya dengan pasti.

0 Response to "√ Cara Membedakan Kacer Trotol Jantan dan Betina 100% Akurat"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini