7 Langkah Mengatasi Cucak Ijo Stres dalam 1 Hari [Terbukti]

Waktu cucak ijo stres, kadang burung jadi macet bunyi berhari-hari. Padahal stres di cucak ijo Anda cuma karena sangkarnya kesenggol, pernah ada kucing lewat, atau karena masalah sepele lainnya. Tapi burung bisa macet bunyi sampai berminggu-minggu.

 

Kalau cucak ijo sedang macet bunyi waktu ga ada jadwal kontes, mungkin masalah seperti ini bukanlah hal yang besar. Tapi kalau sudah ada jadwal kontes dalam waktu dekat, pastinya bisa bikin Anda panik.



 

Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini kita akan bahas apa saja yang bisa bikin cucak ijo jadi stres dan bagaimana cara mengatasinya dengan cepat.

 

Apa Penyebab Cucak Ijo Stres?

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kebanyakan penyebab cucak ijo stres biasanya adalah masalah sepele. Sehingga kadang kita juga tidak sadar apa penyebab utamanya.

 

Tapi berdasarkan pendapat para kicau mania, ada beberapa penyebab kenapa cucak ijo jadi tiba-tiba stress, seperti:

  • Perjalanan panjang pakai motor atau mobil
  • Sangkar jatuh
  • Obesitas
  • Overbirahi
  • Drop mental
  • Melihat hewan pemangsa
  • Malas bunyi tapi sering dipaksa

Pada awalnya, mungkin Anda tidak akan langsung sadar apakah burung sedang stres atau memang sedang istirahat dan tidak mau bunyi. Tapi lama kelamaan akan muncul tanda cucak ijo stres seperti berikut ini.

  1. Ngentrok tapi tidak bunyi
  2. Mangap saat di trek
  3. Sering loncat naik turun tenggeran
  4. Mencabuti bulu ekor
  5. Agresif dan nabrak-nabrak kandang.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Cucak Hijau Stress?

Jika tidak segera diatasi, cara mengembalikan performa cucak ijo jadi normal lagi akan sangat lama. Oleh karena itu bila sudah muncul tanda-tandanya, segera atasi dengan cara berikut ini.

 

1. Mandi Air Dingin

Langkah pertama yang bisa langsung dicoba adalah mandi air dingin. Sebaiknya lakukan langkah ini di siang hari waktu masih ada panas. Jadi burung bisa langsung dijemur dan tubuhnya langsung kering.

Untuk memandikan cucak ijo pakai air dingin, Anda bisa berikan cepuk air dulu ke dalam sangkarnya. Jika ternyata burung stres dan tidak mau mandi, barulah gunakan sprayer dan semprotkan air dingin ke badannya.

 

2. Jemur Pakai Kerodong Full

Habis dimandikan pakai air dingin, jemur dulu sampai badannya benar-benar kering. Kemudian jangan angkat sankar burung, tapi dikerodong saja sampai tertutup semua. Biarkan sangkarnya dikerodong sampai sore-sore, kemudian angkat dan masukan ke tempat yang sunyi.

Jangan sering-sering intip kandang cucak ijo kalau dia masih stres. Kecuali Anda ingn mengganti makanan dan minumannya.

 

3. Kerodong Terus Sampai Malam

Dari sore setelah selesai dijemur, Anda boleh buka dulu kerodong sampai malam. Nanti pas sudah malam, kerodong lagi sampai pagi. Pastikan posisi sangkar burung ada di tempat yang tidak banyak hewan lain, termasuk sesama cucak ijo.

Kadang waktu cucak hijau sedang stress, suara dari burung yang jenisnya sama saja bisa membuat mentalnya makin drop. Apalagi kalau melihat ada hewan lain seperti anjing atau kucing.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

4. Pancing Pakai Suara Betina

Kalau cucak ijo sudah tidak agresif, Anda bisa mulai pancing pakai suara betina sebagai cara mengembalikan performa cucak ijo. Cara ini juga bisa menjadi cara mengatasi cucak ijo yang malas bunyi tanpa dipaksa.

Karena dengan pancingan betina, birahinya akan naik tanpa harus didopping pakai EF atau multivtiamin. Sehingga burung tidak akan ob alias overbirahi.

 

5. Mulai Lepas Kerodongnya

Waktu cucak ijo sudah mau nembak-nembak atau buka paruh sedikit, Anda sudah boleh membuka kerodongnya dan melakukan perawatan seperti biasa.

Pastikan pakan dan minum di dalam sangkarnya selalu bersih, bersihkan kotoran setiap hari, dan jangan lupa berikan EF sesuai settingan.

 

6. Dibawa Jalan-jalan

Cara mengatasi cucak ijo stres akibat perjalanan pakai kendaraan yang paling efektif adalah dibawa jalan-jalan lagi. Tapi, Anda harus membawa jalan burung tanpa motor atau mobil, alias jalan kaki saja.

Masukan cucak ijo ke sangkar yang kecil agar mudah untuk dibawa. Usahakan sangkarnya yang tidak terlalu banyak jeruji agar jalanan bisa terlihat. Cara ini bisa mengobati burung yang mabok perjalanan dan stress di sangkar jika Anda tidak punya kandang umbaran.

 

7. Berikan Multivitamin Kalau Sudah Normal

Kalau cucak ijo sudah normal, suaranya sudah sering terdengar, dan sudah jarang terlihat ngerntrok tapi tidak bunyi, barulah Anda boleh mulai kasih multivitamin dan dimaster dengan settingan seperti biasa.

Biasanya proses ini butuh waktu 2 sampai 3 hari dari sejak burung stress sampai normal lagi kalau Anda mengikuti semua langkahnya dengan benar.

 

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara mengatasi cucak ijo stres sampai performanya kembali. Untuk multivitaminnya, kami sarankan gunakan Maxiplus karena banyak khasiatnya dan kandungan nutrisinya lengkap. Sehingga bukan hanya membuat burung makin gacor, tapi juga staminanya makin joss.

Leave a Comment