Kenari Betina Tidak Mau Kawin? Atasi Pakai 7 Cara Ini

Kadang, kenari betina tidak mau kawin meskipun sudah dipaksa-paksa. Akhirnya kenari jantan dan betina malah berkelahi hingga ada yang luka dan tidak jadi dikawinkan. Padahal niat awalnya burung mau dikawinkan agar kenari jantan tidak overbirahi lagi dan kenari yang betina bisa mulai produksi telur.

 

Masalah seperti ini sangat sering dialami oleh semua kicau mania yang memelihara kenari. Sebab mengawinkan burung jenis ini agak tricky, tidak semudah mengawinkan burung loverbird atau jenis lainnya.



 

Sebenarnya, menjodohkan kenari juga tidak susah. Anda hanya perlu kesabaran karena perkenalan kenari jantan dan betina harus dilakukan pelan-pelan.

 

Kenapa Kenari Betina Tidak Mau Kawin?

Pada dasarnya, hanya ada 2 penyebab kenari betina tidak mau kawin, yaitu:

  1. Kenari betina belum birahi
  2. Kenari betina belum kenal atau belum cocok dengan jantannya

Tapi faktor dari kedua penyebab ini ada banyak. Contohnya bisa saja kenari betina belum birahi karena masih terlalu muda, atau memang jarang dipancing pakai EF.

 

Oleh karena itu berikut ini kita akan jelaskan dulu apa saja penyebab kenapa kenari tidak mau kawin.

 

Kenari Masih Terlalu Muda

Umumnya, burung kenari betina baru boleh kawin minimal di atas usia 8 bulan. Lebih muda dari itu, maka yang terjadi antara burung tidak akan mau kawin dan berantem dengan jantan, atau dipaksa dan bisa mati karena belum siap bertelur.

Tentunya Anda tidak mau hal tersebut terjadi. Oleh karena itu pastikan usia kenari sudah cukup tua untuk dikawinkan.

 

Kurang Dipancing Birahinya

Bukan hanya yang jantan, kenari betina juga harus dipancing birahinya. Salah satu cara menaikan birahi kenari jantan dan betina yang paling mudah adalah dengan memberikan EF seperti jangkrik dan kroto secara rutin.

Jika kenari yang jantan sudah kelihatan birahi dan muncul ciri-ciri kenari jantan siap kawin, sedangkan yang betina belum, maka tambahkan porsi EF kenari yang betina dan sering-sering dijemur berdua.

 

Kurang Dikenalkan

Sebelum kawin, kenari jantan dan betina harus dikenalkan dulu. Dalam masa ini kenari jantan akan memancing kenari betina dengan tembakannya sampai dia mau kawin.

Masalahnya, proses perkenalan ini adalah yang paling lama. Biasanya proses kawin kenari hanya 1 hari saja, sedangkan perkenalannya bisa sampai 1 minggu sampai muncul ciri kenari betina mau kawin. Jika langsung disatukan tanpa perkenalan dulu, maka kenari jantan dan betina pasti akan berantem di kandang.

Sebenarnya cara mengenalkan kenari yang mau kawin sangat mudah. Anda hanya perlu menaruh sangkar yang jantan di samping sangkar yang betina seharian. Kalau bisa, sambil master kenari jantan agar betinanya tertarik.

 

Memang Tidak Jodoh

Dan yang terakhir, mungkin pasangan kenari tersebut memang tidak berjodoh. Salah satu ciri kenari tidak berjodoh adalah sering berantem dari kandang masing-masing walaupun sudah dikenalkan selama berminggu-minggu.

Jika hal ini terjadi, satu-satunya cara adalah dengan mengganti pasangannya dengan yang lain.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

Bagaimana Cara Agar Kenari Betina Cepat Siap Kawin?

Anda sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan kenari betina tidak mau kawin. Nah, sekarang waktunya cari tahu bagaimana cara agar kenari betina cepat siap kawin.

 

Silahkan ikuti tips-tips berikut ini.

  1. Pastikan usia kenari betina sudah cukup, minimal  8 bulan
  2. Tempatkan kenari betina di sangkar tempat kawin yang nyaman dan lebar
  3. Tempatkan kenari jantan di samping sangkar tempat kawin
  4. Berikan jangkrik ke kenari jantan dulu, baru ke kenari yang betina
  5. Sering-sering jemur kenari jantan dan betina bersebelahan
  6. Pancing terus kenari jantan agar suaranya pecah di samping betina
  7. Berikan Maxiplus agar kenari betina tetap sehat dan siap bertelur

Jika kenari sudah siap kawin, maka mereka akan terlihat ciri-ciri yang langsung bisa Anda kenali.

 

Salah satu ciri kenari betina siap kawin adalah sering ngapal sambil menghadap ke sangkar yang jantan. Biasanya hal ini terlihat ketika yang jantan sedang nembak-nembak atau sedang ngeriwik.

 

Kemudian ciri kenari jantan siap kawin tentunya jadi semakin sering bongkar isian, mulai lompat-lompat di tenggeran, dan sering dekat-dekat ke sangkar betina.

 

Jika semua ciri ini sudah terlihat, Anda bisa menempatkan kenari jantan ke sangkar yang betina. Lakukan proses ini di malam hari, agar ketika pagi hari burung bisa langsung dipisahkan lagi.

 

Tapi sebelum ditinggal, pastikan Anda melihat dulu apakah kenari berantem atau tidak. Karena bisa jadi kenari masih berantem meskipun sudah muncul ciri-ciri mau kawin. Atau dalam kasus lain, kenari malah kejar-kejaran di dalam sangkar.

 

Akhir Kata

Nah, silahkan coba praktekan tips mengatasi kenari betina tidak mau kawin di atas. Jika kenari sudah selesai kawin, jangan lupa berikan perawatan kenari habis kawin untuk yang jantan dan betina. Umumnya agar bisa bertelur, proses kawin ini harus diulangi 2 sampai 3 kali.

Leave a Comment