Cara Mudah Membedakan Muraibatu Trotol Jantan dan Betina 100% Akurat

Memelihara Muraibatu dari trotol hingga dewasa merupakan kesenangan tersendiri bagi pecinta muraibatu. MB yang dipelihara sejak trotol akan mudah gacor dan sangat mudah dimasteri dengan suara isian yang kita inginkan.

Ternyata mudah untuk bedakan MB trotol jantan dan betina

Trotol atau anakan muraibatu menjadi salah satu burung yang paling tinggi peminatnya, sehingga banyak orang berbondong bondong menangkarkan muraibatu untuk dijual anakan atau trotolanya.

Muraibatu trotol yang paling dicari adalah trotolan MB dengan jenis kelamin jantan. Karena murai batu yang akan dipelihara sebagai burung ocehan maupun dilombakan adalah MB jantan.

Selain ekornya yang panjang, MB jantan juga mempunyai variasi suara yang banyak dan lantang. Sehingga hanya MB jantan saja yang diperlukan untuk ocehan dirumah maupun untuk lomba burung kicau.

Terus bagaimana cara mengetahui jenis kelamin pada trotolan atau anakan muraibatu?

Bagaimana Cara Memilih Trotolan MB jantan

Bentuk fisik trotolan MB jantan dan betina nyaris sama, sehingga kita sebagai pembeli harus jeli melihat apakah itu MB trotolan jantan atau betina.

Selain dengan melihat secara fisik, kita juga harus meminta jaminan kepada peternak bahwa Trotolan MB yang akan kita beli adalah 100% jantan, agar saat keliru nanti bisa kita tukarkan kembali.

Trotol Mb jantan
Trotolan MB jantan

 

Ciri-ciri Muraibatu Trotol Jantan Secara Jelas

Walaupun secara fisik mempunyai bentuk dan warna yang nyaris sama, kita tetap bisa kok membedakan jenis kelamin keduanya. Caranya adalah membandingkan bentuk fisik antara trotolan jantan dengan betina secara detail. Berikut adalah ciri fisik trotolan murai jantan secara jelas.

1. Warna Bulu MB trotol Jantan Lebih Tajam

Anakan MB jantan mempunyai warna bulu yang lebih tajam dari betina, bulu yang paling nampak tajamnya adalah bulu bagian dada, leher dan punggungnya. Setelah umur trotolan MB sudah memasuki 4 bulan maka akan tumbuh bulu yang mengkilap hitam kebiruan walaupun masih sedikit.

 

2. Bentuk Kepala Trotol MB jantan Besar dan tampak datar

Seperti halnya muraibatu dewasa, MB trotolan juga mempunyai bentuk kepala yang sama dengan MB dewasa.

 

3. Mata Trotolan MB Terlihat Tajam

Selain dengan melihat bentuk kepalanya, kita juga bisa melihat dari bentuk matanya. Mata anakan MB jantan kan tampak besar dan menatap tajam, garis yang melingkar disekitar mata juga tampak tajam berwarna tegas dan tebal.

 

4. MB trotolan mempunyai paruh yang tebal

Anakan MB jantan mempunyai paruh yang tebal baik itu paruh bagian atas maupun paruh bagian bawah. Bagian paruh jika dilihat dari samping maka akan terlihat sedikit cembung kebawah.

 

5. Kaki pada Anakan Murai Terlihat Kekar

Bagian tubuh MB yang perlu anda cek selanjutnya adalah kaki, anakan MB yang berjenis kelamin jantan akan mempunyai bentuk kaki yang gagah, kekar dan nampak besar. Selain kakinya yang besar dan kekar, pada jari kakinya juga nempunyai ukuran yang besar.

 

6. Ekor Anakan MB Jantan Lebih Panjang

Jika kita lihat secara jelas, MB mempunyai 4 ekor warna hitam, yaitu ekor utama dan ekor kedua. Dengan melihat ekor tersebut kita bisa memastikan apakah itu anakan MB jantan atau betina.

Jika ekor hitam utama lebih panjang dari ekor kedua, dan selisihnya agak panjang, maka dapat dipastikan bahwa trotolan tersebut adalah trotolan jantan. Selain melihat jarak antara ekor pertama dan kedua, jika juga bisa melihat kerapatan ekornya. Umumnya trotolan MB jantan akan selalu merapatkan ekornya.

 

7. Suara anakan MB jantan Lebih kasar

Trotolan MB tentunya belum bisa berkicau, namun sudah bisa bersuara trek trek seperti MB dewasa pada umumnya. Suara tretekan MB jantan yang masih trotol biasanya keras dan jernih.

Pada saat umur menginjak 3 bulan keatas, trotolan MB jantan akan mulai belajar berkicau atau disebut ngeriwik. Yaitu berkicau dengan banyak variasi dan  suaranya yang sangat pelan.

Untuk anakan MB betina, tidak ngeriwik namun akan langsung ngeplong dan suara yang dikeluarkan monoton saat usinya diatas 4bulan.

 

Foto Anakan Murai Jantan

Trotolan MB jantan
Trotol Murai Jantan Umur 1 bulan

 

Anakan MB jantan 1 bulan

 

Anakan MB umur 21 hari

 

Itulah mengenai ciri anakan MB jantan secara detail menurut pengalaman saya.

Nah jika anda sudah paham mengenai ciri trotolan MB jantan, maka selanjutnya yang akan saya bahas adalah ciri utama anakan MB betina. Berikut dibawah ini ciri cirinya.

Baca juga : Begini Cara Memilih Trotolan MB yang Bagus Calon Jawara

 

Ciri MB trotol betina dengan jelas

 

  • Kepala berbentuk bulat dan kecil
  • Badan cenderung pendek dan tidak tegap
  • Warna bulu terlihat kusam dan tidak tegas
  • Kaki kecil dan terlihat tidak gagah seperti Trotolan jantan
  • Ukuran jari kaki cenderung kecil
  • Panjang ekor sama rata antara ekor utama dengan ekor kedua, ada juga yang lebih panjang ekor utama namun biasanya max hanya selisih 1cm.
  • Trotolan MB betina umumnya tidak ngeriwik, namun langsung ngeplong dengan suara yang monoton. Saya juga pernah merawat trotolan MB betina sampai dewasa, dan selama proses menuju ke dewasa, ia hanya ngeplong monoton alias hanya punya 1 variasi saja.

Foto anakan MB betina

Anakan MB betina
Anakan murai batu betina 2 bulan
Anakan murai batu betina umur 2 bulan
Trotolan murai batu betina 2 bulan
Trotolan MB betina umur 2 bulan

Perbedaan Trotolan MB Jantan dan Betina

Dari ciri diatas dapat kita simpulkan perbedaannya sebagai berikut ini.

  1. Trotol murai jantan mempunyai warna bulu yang mencolok tajam terutama bagian punggung, dan leher. Sedangkan betina warnanya kusam kecoklatan.
  2. Betuk kepala lebih besar dan papak (agak kotak) sedangkan betina bentuknya bulat
  3. Mata terlihat besar dan melotot, sedangkan betina tampak biasa aja.
  4. Garis melingkar di sekitar mata berwarna hitam tegas, sedangkan betina tidak
  5. Paruh murai jantan terlihat tebal, sedangkan betina biasa-biasa saja.
  6. Kaki panjang dan kekar, sedangkan betina tampak pendek dan pergelangan nya kecil.
  7. Jari-jari trotol jantan panjang dan besar, sedangkan betina jarinya kecil
  8. Ekor terlihat panjang, bisa dilihat dengan jelas saat umurnya menginjak 2 bulan. Sedangkan betina panjang ekornya hampir rata semua.
  9. Anakan MB jantan sudah sering ngeriwik diusia 2bulan up, sedangkan betina tidak bisa ngeriwik (biasanya langsung ngeplong saat usia 4-5 bulan)

Atau anda bisa lihat melalui tabel perbandingan antara trotolan murai jantan dan betina yang sudah saya buat dibawah ini.

CiriTrotolan JantanTrotolan Betina
Bentuk kepalaBesar, papak/pipih/ agak kotakBulat & cenderung kecil
Bentuk mataBesar melototTampak biasa
Bentuk paruhPanjang, besar dan hitamUkuran sedang
Warna paruh bawah "V"Hitam pekatHitam kecoklatan
Bulu punggungHitam pekatHitam kecoklatan
Bulu sayapHitam pekatHitam kecoklatan
Bentuk kakiPanjang dan besarTampak biasa
Ukuran jariPanjang dan besarBiasa saja
EkorPanjang, ada selisihUkuran hampir rata
Bentuk tubuhGagah, tegapPendek
NgeriwikBisaTidak bisa

 

Harga Anakan MB jantan

Sebenarnya harga anakan murai batu sangat bervariasi sesuai dengan kualitas indukanya. Indukan ekor panjang dan indukan juara pasti anakanya akan mempunyai nilai jual yang tinggi karena indukanya benar benar berkualitas.

BacaRahasia Saya Merawat Murai Batu Trotol Hingga Juara [Lengkap]

Namun harga trotolan MB yang akan saya bahas adalah harga standard pasaran. Yaitu dengan indukan MB medan yang kualiatas nya standar sampai lumayan, misalnya pernah juara di even lokal. Untuk harga Trotolan MB jantan saat ini adalah 2,2 sampai 3 juta rupiah.

Harga diatas adalah untuk anakan berumur 2bulan+ yang sudah bisa makan sendiri. Selain sudah makan sendiri, dengan harga seperti diatas anda sudah mendapat jaminan jantan dari peternak.

Artinya jika saat bulu trotolnya sudah berganti dengan bulu dewasa, namun malah jadinya betina otomatis bisa ditukarkan lagi di peternak yang menjualnya.

 

Harga Standar Anakan MB betina

Sebagian peternak jarang menjual anakan MB yang berjenis kelamin betina, biasanya mereka dipelihara sendiri dan untuk saling barter dengan sesama peternak MB lain.

Ada juga peternak yang menjual anakan MB dengan sistem pasangan. Yaitu dijual 1 pasang dengan garansi salah satunya harus ada yang jantan. Namun jika keduanya jantan maka akan jadi bonus pembeli.

Ditempat saya harga trotolan MB betina berkisar antara 1 sampai 2juta rupiah sesuai dengan kualitas indukanya. Namun jika indukanya biasa biasa aja harganya akan mentok sampai 1,3jt saja.

Itulah pembahasan saya pada postingan ini mengenai cara untuk membedakan anakan Muraibatu jantan dan Betina. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk anda jadikan referensi untuk memilih anakan MB yang sesuai anda inginkan baik jantan maupun betina.

Selain dijadikan referensi, semoga juga bisa menambah pengetahuan anda mengenai membedakan anakan MB jantan dan betina. Terimakasih, jika ada masukan silahkan tambahkan saja di kolom komentar ya.

Leave a Comment