6 Jenis Cucak Rowo Yang Terkenal dan Tergacor di Indonesia

Sebagai kicau mania, pastinya anda semua sudah tahu bahwa ada banyak jenis cucak rowo yang tersebar di hampir seluruh pulau di Indonesia. Kebanyakan dari mereka diberi nama sesuai dengan tempat asalnya.

jenis cucak rowo yang terkenal


Seperti contohnya cucak rowo Kalimantan dan Irian yang diberi nama berdasarkan pulau habitatnya. Setiap jenisnya juga memiliki harga, ciri dan perbedaan masing-masing.

Suara burung cucak rowo jantan yang khas dan gacor pastinya membuat para kicau mania terpikat. Sehingga tak usah ditanya lagi mengapa harganya mahal. Oleh karena itu agar anda tidak salah beli, anda perlu mengetahui jenis cucak rowo yang terkenal di Indonesia.

Cucak Rowo Kalimantan

Jenis burung cucak rowo yang terkenal di Indonesia pertama adalah burung cucak rowo Kalimantan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, burung ini dinamakan sesuai tempat asalnya yaitu di pulau Kalimantan.

Bisa dibilang cucak rowo Kalimantan merupakan cucak rowo termurah yang bisa dimiliki untuk anda yang low budget atau masih pemula. Meskipun ada beberapa kelemahan yang dimiliki jenis ini.

Cucak rowo Kalimantan  memiliki kicauan yang lebih tipis dengan variasi yang lebih sedikit. Sehingga kurang memuaskan untuk dijadikan sebagai burung klangenan dirumah.

Cucak Rowo Irian

Berikutnya ada cucakrowo Irian atau biasa disebut cucakrowo emas. Selain karena warna tubuhnya kuning keemasan, namun burung ini juga memiliki suara kicauan layaknya emas.

Burung jenis ini memiliki kicauan gacor dengan suara yang sangat keras. Bukan hanya itu, cucak rowo Irian juga sangat cerdas dan mudah mengikuti suara masteran burung lainnya. Setelah masterannya selesai, anda bisa menggunakan rekamannya untuk memaster burung kicau lain seperti burung kacer.

Hanya saja, cucak rowo Irian kurang diminati karena suaranya tidak bisa merdu seperti ropelan cucakrowo jawa dan sumatra. Selain itu harga CR irian juga relatif lebih murah dari jenia cucakrowo lainnya.

Cucak Rowo Lampung

Jika cucak rowo dirasa terlalu mahal, maka anda bisa juga memilih cucak rowo Lampung sebagai alternatif. Kualitas dari cucakrowo ini tidak kalah dengan jenis lainnya yang berasal dari luar pulau jawa.

Kualitas cucak rowo lampung tidak kalah dengan jenis – jenis lainnya. ia memiliki perpaduan warna coklat tua dan kuning yang lebih cerah dan sedap dipandang. Burung ini juga memiliki tubuh yang lebih kekar dan tegak.

Bukan hanya itu, cucak rowo lampung juga memiliki kicauan yang tidak kalah gacor dan ngeroll. Hanya tinggal pemasterannya saja yang dirutinkan agar ia memiliki banyak variasi ropelan yang bagus.

Cucak Rowo Medan

Kebanyakan burung cucakrowo yang anda temui di kios – kios merupakan jenis cucak rowo medan. Hal ini dikarenakan jenis CR Medan saat ini jumlah populasinya paling banyak di alam liar. Selain itu, proses untuk menangkarkan nya pun yang paling mudah dibandingkan jenis lainnya.

Kualitas jenis cucak rowo ini bisa dibilang sedikit lebih tinggi dibandingkan cucakrowo Kalimantan. Sebab ia memiliki kicauan yang lebih keras meskipun tidak senyaring cucak rowo irian.

Selain itu, burung ini memiliki keunikan dari tipe ngeropelnya yaitu suara yang mengambang. Kicauan ngropel seperti ini jarang ditemukan pada jenis cucak rowo lain.

Cucak Rowo Sumatra

Selanjutnya giliran cucak rowo Sumatera. Sesuai dengan namanya burung ini berasal dari hampir semua daerah di pulau Sumatera.

Cucakrowo Sumatera merupakan jenis yang cocok untuk dipelihara baik oleh pemula maupun kicau mania yang sudah berpengalaman. Sebab pemasterannya bisa dilakukan oleh pemula. Meskipun jika anda ingin cucakrowo yang banyak variasi kicauannya, perlu menggunakan teknik pemasteran khusus.

Selain itu mental petarungnya pun kuat dan tidak mudah stress. Sehingga cocok untuk diikutkan lomba dan diadu dengan jenis lainnya.

Cucak Rowo Malang

Jenis cucak rowo yang terakhir adalah cucakrowo malang. Untuk anda yang berdomisili di pulau Jawa, anda tidak perlu jauh – jauh ke Kalimantan, Sumatera, atau bahkan Irian untuk membeli cucakrowo dengan harga murah.

Sebab jenis cucakrowo yang satu ini memilki kualitas yang sebanding dengan yang berasal dari daerah lainnya. Meskipun tubuhnya lebih kecil, namun kicauannya sangat nyaring dan keras.

Cucak rowo Malang cocok untuk dipelihara untuk hiasan rumah sebagai burung klangenan ataupun untuk dilombakan.

Nah demikianlah beberapa jenis burung cucak rowo yang terkenal di Indonesia. Sebenarnya, masih ada satu lagi yaitu cucak rowo Jawa. Bisa dibilang, kicauannya yang paling gacor dari yang lain. Hanya saja maraknya perburuan liar membuatnya terancam punah dan semakin sulit untuk ditemukan.

Jangan lupa untuk selalu membeli jenis cucak rowo hasil dari penangkaran, Sebab cucak rowo hasil ternakan lebih mudah dilatih dan dimaster. Otaknya juga lebih pintar dan mudah mengingat variasi dari kicauan burung lain.

0 Response to "6 Jenis Cucak Rowo Yang Terkenal dan Tergacor di Indonesia"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini