Cara Beri Air Garam untuk Lovebird agar Tidak Mudah Loyo

Di Indonesia, pemberian air garam untuk lovebird masih menjadi perdebatan oleh para kicaumania. Ada yang bilang lovebird akan terkena penyakit bila diberi air garam. Tapi di sisi lain, ada pula yang berpendapat bahwa air garam justru bisa memberi banyak manfaat pada burung lovebird. Lalu mana yang benar?

 

Sebelumnya Anda semua perlu tahu bahwa kebiasaan memberi air garam untuk burung LB ini dibawa oleh para kicaumania dari negeri Eropa. Berdasarkan riset yang dilakukan di sana, garam ini bisa membantu memenuhi kebutuhan mineral burung.

 

Karena pasti Anda semua sudah tahu bahwa garam mengandung banyak mineral yang baik untuk tubuh manusia maupun hewan.

 

Manfaat Air Garam untuk Lovebird

Seperti yang sudah dikatakan tadi, manfaat utama pemberian air garam untuk lovebird sebenarnya adalah dari kandungan mineralnya. Namun karena burung lovebird tidak bisa makan garam langsung, maka Anda perlu memberinya dalam bentuk larutan di dalam air.

 

Sedangkan untuk manfaat air garam pada burung lovebird yang bisa Anda lihat secara langsung adalah seperti di bawah ini.

1. Menambah Daya Tahan Tubuh Terhadap Cuaca

Jika Anda memelihara lovebird di daerah yang terlalu panas seperti di Jakarta atau Bogor, atau memelihara burung lovebird di daerah bercuaca dingin seperti Bandung dan Dieng, pemberian air garam ini bisa membantu burung bertahan hidup dengan kondisi cuaca.

Sebab kandungan mineral dalam garam akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa memberi burung kesempatan bertahan hidup dan beradaptasi dengan cuaca. Apalagi jika lovebird Anda dibeli dari tempat yang panas dan dikirim ke tempat yang dingin.

 

2. Membuat Lovebird Tidak Cepat Loyo

Semua orang pasti sedih jika lb-nya cepat loyo ketika baru digantang sebentar. Sebagai seorang kicaumania, pastinya Anda ingin lovebird yang punya stamina kuat dan siap dimaster dengan durasi yang panjang.

Untuk itu, kami sangat menyarankan pemberian air garam secara teratur. Karena seperti yang sudah disinggung tadi, kandungan mineral dalam garam bisa membantu meningkatkan kapasitas stamina burung lovebird bisa ngekek dan gacor durasi panjang.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

3. Mengurangi Masalah Kebotakan dan Menjaga Kualitas Bulu Lovebird

Manfaat air garam untuk lovebird yang terakhir adalah untuk menjaga kualitas bulunya agar tetap rapih dan bersinar. Selain itu, jika lb Anda merupakan keturunan dari indukan yang punya masalah kebotakan atau mabung berkepanjangan, pemberian air garam ini bisa mengurangi masalah kebotakan dan bulu rontok.

 

Cara Pemberian Air Garam pada LB yang Benar

Banyak orang menganggap air garam bisa membuat lovebird terkena masalah kesehatan. Padahal bukan air garamnya yang menjadi masalah, namun cara pemberiannya yang kurang tepat.

 

Oleh karena itu berikut ini kami akan jelaskan cara beri air garam untuk LB yang benar.

  • Pertama – tama, siapkan satu sendok garam
  • Lalu bagi satu sendok ambil sedikit dari satu sendok teh tersebut untuk dicampur ke voer atau pakan biji – bijian
  • Kemudian sisanya, masukan ke dalam cepuk air minum burung dan tuangkan air hangat
  • Aduk sampai garamnya larut dan biarkan hingga dingin
  • Baru berikan kepada lovebird
  • Di sore hari, ganti semua pakan dan air minum dengan yang tanpa garam

Cara pemberian air garam ini hanya boleh dilakukan maksimal 2 kali dalam seminggu. Jika terlalu banyak, lovebird bisa mengalami masalah seperti overbirahi dan sakit tenggorokan.

 

Demikianlah manfaat air garam untuk lovebird dan cara memberikannya yang benar. Jika Anda ingin lovebird tidak cepat loyo, jangan lupa berikan vitamin Bosch – Max setiap hari.

Leave a Comment