2 Macam Kandang Ternak Kacer Sederhana dan Terbaik

Ternak kacer merupakan salah satu bisnis yang paling mudah untuk dilakukan oleh para kicau mania. Harganya yang terus stabil, bisa menjadi lahan bisnis sampingan yang menguntungkan dan pastinya tetap berhubungan dengan hobi burung kicau.

Namun sebelum memulai ternak, anda perlu tahu tentang macam kandang untuk ternak kacer terlebih dahulu. Sebab nantinya, jenis dan suasana di kandang kacer bisa mempengaruhi waktu perkawinan hingga bertelur.

Dalam ternak kacer sendiri ada 2 macam kandang yang digunakan. Yaitu ternak kacer dalam sangkar gantung dan ternak burung kacer dalam sangkar glodok. Mari kita bahas satu per satu macam kandang untuk ternak kacer berikut ini.

Kandang Ternak Kacer Model Kotak

Macam kandang untuk ternak kacer yang pertama adalah kandang glodok. Kandang ini paling cocok jika anda ingin serius dalam beternak burung baik kacer maupun burung lainnya.

Jenis kandang ternak kacer terbaik


Sebab kandang glodok bersifat semi permanen alias dibuat dari semen, batu bata, kayu, dan bahan bangunan lain. Selain itu, modal pembuatan kandang glodok lebih besar daripada menggunakan sangkar gantung.

Keunggulan dari kandang glodok adalah proses perawatannya yang lebih mudah khususnya jika kacer mulai bertelur. Ukuran kandang glodok yang cukup besar membuat anda bisa memberi pakan dengan mudah tanpa perlu mengganggu anakan kacer.

Sebab jika anak kacer tersentuh oleh manusia, indukan kacer biasanya tidak ingin melolohnya lagi dan dibiarkan hingga mati. Tipe kandang ternak ini merupakan jenis terbaik dan banyak yang sukses peternakannya.

Biasanya kandang kacer dibuat dengan ukuran 100x90x200 cm membentuk ruang balok seperti kamar. Kandang dengan ukuran ini bisa dibagi menjadi 2 bagian dan cukup untuk 2 kacer di setiap tingkatnya. Ketika anakan kacer sudah menetas, anda bisa memindahkannya di kandang sementara hingga ada yang beli.

Sangkar Gantung Ternak Kacer

Kebanyakan dari anda mungkin berpikir bahwa ternak burung kacer hanya bisa dilakukan di kandang kotak saja. Padahal, dengan sedikit kreatifitas burung kacer juga bisa diternakan dalam sangkar gantung seperti biasa.

Dalam beternak kacer dengan sangkar gantung, anda bisa menggunakan berbagai macam jenis sangkar. Mulai dari sangkar kotak, sangkar rumah, sangkar bulat, sangkar lingkaran sekali pun.

Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel panduan ternak kacer lengkap sebelumnya, burung kacer akan disatukan dalam satu kandang ketika mereka sudah jodoh. Hal ini merupakan cara mempercepat proses perkawinan agar kacer cepat bertelur.

Karena menggunakan sangkar gantung, anda bisa menempatkan sangkar dengan lebih fleksible. Oleh karena itu, tempatkan sangkar diposisi yang tersinari matahari pagi. Percaya atau tidak, hal ini bisa meningkatkan kualitas anakan kacer khususnya jika indukannya sudah punya isian dan kicauan yang gacor.

Nah, jika anda ingin membuat kandang ternak untuk kacer, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan.

Hal Penting Pembuatan Kandang Ternak


  1. Jangan tutupi semua bagian atas kandang, gunakan ram kawat sebagian agar tetap tersinari oleh cahaya 
  2. Gunakan ram kawat di bagian depan agar anda bisa melihat burung tanpa perlu membukanya
  3. Selalu siapkan kotak kayu tempat sarang kacer dan tepat kacer tidur serta bertelur nantinya
  4. Berikan kayu atau ranting untuk tempat nangkring kacer
  5. Berikan serabut – serabut kelapa halus di dalam kandang kacer agar ia bisa membuat sarang
  6. Jika kacer sudah bertelur, jangan sering – sering melihatnya sebab akan membuat burung stress
  7. Pastikan anda membuat kandang untuk kacer di tempat yang jauh dari gangguan predator seperti tikus, ular, kecoa, dan lain – lain


Seperti itulah beberapa macam kandang untuk ternak kacer. Pemilihan kandang bisa disesuaikan dengan budget dan kondisi lahan yang anda miliki.

0 Response to "2 Macam Kandang Ternak Kacer Sederhana dan Terbaik "

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel


Jual Burung

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini