13 Campuran Makanan Kucing agar Hemat tapi Aman

Karena harga cat kadang mahal, memberikan campuran makanan kucing bisa jadi cara yang efektif agar pengeluaran untuk kucing kesayangan kita lebih hemat tapi tetap aman. Selain itu, bergantung pada cat food sendiri sebenarnya tidak baik untuk insting kucing.

 

Walaupun dipelihara di dalam rumah, kucing tetap harus dilatih makan makanan asli selain cat food, misalnya ikan, daging, telur, dan lainnya.



 

Dengan memberikan campuran makanan seperti itu, kita bisa melatih intstingnya agar tidak hilang sepenuhnya. Meskipun begitu, kita juga perlu tahu bahwa memberi campuran cat food tidak boleh sembarangan.

 

13 Campuran Makanan Kucing Basah & Kering Buatan Sendiri

Karena kucing, dari ras apapun itu, memiliki sistem pencernaan yang sangat sentitif, maka kita tidak boleh sembarangan memberi makanan campuran.

 

Agar tidak salah, berikut ini adalah beberapa bahan campuran makanan kucing yang aman dan bisa kita buat sendiri.

  1. Tuna
  2. Bandeng
  3. Pindang
  4. Nasi
  5. Tahu Tempe
  6. Telur Ayam
  7. Daging ayam
  8. Kornet
  9. Daging sapi halus
  10. Sarden
  11. Minyak ikan
  12. Ikan tongkol halus
  13. Virgin coconut oil

Mari kita lihat apa saja manfaat dari 13 bahan campuran makanan di atas.

 

Ikan Tuna

Yang pertama adalah ikan kesukaan kucing, yaitu ikan tuna.

Memberikan ikan tuna yang kaya akan protein dan omega 3 bukan hanya akan meningkatkan kecerdasan kucing, tapi juga melatih ketajaman indra penciuman dan instingnya.

 

Ikan Bandeng

Kalau harga ikan tuna terlalu mahal, kita juga bisa pakai bahan makanan kucing yang bikin gemuk dan bulu bagus alternatifnya, yaitu ikan bandeng.

Karena kebanyakan ikan bandeng dijual dalam kondisi tulang yang sudah lunak, kita bisa langsung mencampurkannya dengan cat food kering.

 

Ikan Pindang

Berikutnya ada ikan pindang, alternatif lain kalau ikan bandeng atau tuna sudah habis.

Mirip dengan ikan bandeng, cara membuat makanan kucing kering dengan campuran pindang juga sangat mudah, sebab kebanyakan ikan pindang sudah dijual dalam bentuk potongan tanpa duri. Jadi kita bisa langsung mencampurkannya ke dry food.

 

Nasi

Kita semua pasti tahu, nasi adalah makanan kucing kampung agar cepat gemuk. Karena sama seperti manusia, kandungan karbohidrat dalam nasi juga bisa membuat badan kucing jadi semakin cepat besar.

Sebaiknya, kucing tidak diberi nasi dalam porsi yang terlalu banyak. Jadi, jumlah cat food tetap harus lebih banyak dari nasinya agar nutrisi yang diterima tubuh kucing tetap seimbang.

 

Tahu Tempe

Satu lagi campuran makanan kucing yang juga sering dimakan oleh kita adalah tahu tempe.

Ada banyak resep makanan kucing murah dari bahan tahu tempe yang bisa kita temukan di media sosial. Atau kalau mau yang paling mudah, cukup haluskan tahu tempe lalu langsung campurkan ke makanan kucing.

 

Telur Ayam

Selanjutnya ada telur ayam, bahan makanan kucing yang bikin cepat gemuk dan bulunya bagus.

Jika tidak punya alergi atau masalah pencernaan apapun, kita bisa mencampurkan satu butir telur ayam langsung ke cat food. Tapi, beberapa cat lover juga ada yang hanya memberi kuning telurnya saja.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Daging Ayam

Selain telurnya, kita juga bisa memberikan daging ayam halus kepada kucing. Tapi sebelum dicampurkan ke cat food, daging ayam harus direbus dulu sampai setengah matang.

Memberikan ayam mentah ke kucing bisa buatnya jadi buang-buang air karena bakteri salmonela.

 

Kornet

Kalau Anda takut memberi daging ayam asli, alternatif yang ada adalah memberi daging ayam kornet yang sudah dikemas.

Sebenarnya, daging kornet kemasan ini sudah setengah matang. Namun kalau mau dimasak lagi pun tidak masalah.

 

Daging Sapi Halus

Sama seperti daging ayam, daging sapi halus juga baiknya dimasak dulu sebelum dicampurkan ke makanan kucing. Dengan begitu, kuman di dalam daging jadi mati dan tidak akan menimbulkan masalah pencernaan.

Karena tidak seperti ikan, daging sapi dan ayam tidak bisa dimakan secara mentah oleh manusia maupun hewan.

 

Sarden

Satu lagi makanan instan yang bisa dijadikan campuran cat food agar lebih hemat adalah sarden.

Sarden boleh dimasak dulu ataupun langsung diberikan ke makanan kucing. Tapi, kami sarankan hanya beri ikan sardennya saja tanpa bumbunya.

 

Minyak Ikan

Campuran yang berikutnya ini sebenarnya tidak akan membuat kucing semakin kenyang. Tapi, rutin memberi minyak ikan ke cat food bisa membuat bulunya jadi semakin bersih, mengkilap, dan tidak rontok.

Minyak ikan biasanya tersedia dalam kapsul. Kita bisa buka kapsul tersebut dan menuangkan isinya ke cat food agar baunya tercium oleh kucing.

 

Ikan Tongkol Halus

Campuran ikan untuk bahan makanan kucing yang terakhir adalah ikan tongkol yang sudah dihaluskan. Pastikan kita memberi tongkol yang sudah dipisahkan antara duri dengan dagingnya agar kucing mudah makannya.

 

Virgin Coconut Oil

Terakhir, ada virgin coconut oil alias minyak kelapa muda. Bahan campuran yang satu ini punya manfaat mirip dengan minyak ikan, yaitu membuat bulu kucing jadi bagus. Tapi, harga virgin coconut oil ini jauh lebih murah.

 

Akhir Kata

Seperti itulah 13 pilihan campuran makanan kucing agar hemat tapi tetap aman. Sekarang, waktunya Anda cari resep-resep makanan kucing buatan sendiri dengan bahan yang sudah disebutkan tadi.

Leave a Comment