Kenapa Kenari Jantan Tidak Ngisi? Ini 6 Sebabnya

Sebagai peternak kenari, Anda wajib tahu peuyebab kenari jantan tidak ngisi. Sebenarnya kicau mania yang mengawinkan kenari untuk iseng pun harus tahu. Sebab banyak sekali kasus kenari yang sudah dikawinkan sampai bertelur, tapi telurnya kosong.

 

Masalah yang sama juga bisa terjadi pada burung lovebird dan burung lainnya. Bedanya, biasanya burung lovebird bisa bertelur tanpa dikawinkan sekalipun. Jadi masalah ini bisa diselesaikan dengan mencarikan burung yang jantannya.



 

Sedangkan pada kenari, jarang terjadi kenari betina bertelur tanpa pasangan. Jadi kalau ternyata telurnya kosong, kemungkinan penyebabnya karena ada masalah pada yang jantan.

 

Oleh karena itu, mari cari tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

 

Apa Penyebab Kenari Jantan Tidak Ngisi?

Sebenarnya penyebab kenari jantan tidak ngisi ada banyak, baik faktor internal maupun eksternal. Contohnya:

  1. Stress karena terlalu berisik di luar sangkar
  2. Kenari jantan kurang nutrisi
  3. Burung masih terllau muda
  4. Burung dalam kondisi steril
  5. Terlalu sering dijodohkan
  6. Kenari sudah terlalu tua

Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas satu per satu dengan jelas.

 

Stress Karena Terlalu Berisik di Luar Sangkar

Ketika sedang proses kawin, sangkar kenari wajib ditempatkan di tempat yang tenang dan tidak banyak dilewati orang. Kebanyakan peternak kenari bahkan membuat sangkar semi permanen dengan menggunakan kayu yang ditempel ke dinding.

Sebab jika terllau berisik, kenari bisa stress dan tidak akan ngisi.

Apalagi jika di dekat sangkar tersebut ada kucing, banyak tikus, banyak semut, atau bahkan ada anjing. Oleh karena itu baiknya hewan-hewan peliharaan Anda yang lain dipisahkan dulu atau setidaknya dijauhkan dari kenari.

 

Kenari Jantan Kurang Nutrisi

Malnutrisi alias gurang gizi bukan hanya bisa terjadi pada manusia. Burung kenari sekalipun bisa mengalami masalah ini jika setiap hari hanya diberi voer saja tanpa diselingi oleh pakan yang lain.

Burung kenari sendiri membutuhkan banyak vitamin dan mineral. Itulah mengapa pemberian multivitamin seperti Maxiplus bisa mencegah kenari jantan kurang nutrisi hingga tidak bisa ngisi ketika kawin.

Selain itu, pakan biji-bijian asli juga sangat baik untuk membantu proses pembuahan agar kenari jantan bisa cepat ngisi betinanya. Tapi agar hasilnya maksimal, tentu Anda harus berikan berbagai macam pakan juga seperti buah, madu, protein, telur rebus, dan sebagainya dari jauh-jauh hari.

 

Burung Masih Terlalu Muda

Penyebab selanjutnya kenapa kenari jantan tidak mau ngisi adalah karena masih terlalu muda. Hal ini banyak terjadi pada peternak yang masih baru atau kicau mania yang tidak sabar produksi anakan kenari untuk dijual.

Pada umumnya, kenari baru bisa kawin pada usia minimal 8 bulan. Tapi jika Anda ingin hasil yang pasti, biasanya harus nunggu sampai usia sekitar 1 tahun untuk yang jantan maupun betina.

Jika lebih muda dari itu, kenari betina bisa mati jika dipaksa kawin. Sedangkan yang jantan tidak akan bisa ngisi kenari yang betina karena memang tubuhnya belum mampu membuahi telur kenari betina.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

Burung dalam Kondisi Steril

Ada beberapa kasus dimana kenari ternyata sudah dalam kondisi steril dan tidak bisa ngisi lagi. Biasanya hal ini hanya terjadi pada burung kenari jantan yang dibeli setelah sudah dewasa, di atas 2 atau 3 tahun.

Ketika sudah terlalu tua, biasanya kicau mania ada yang memilih mensteril kenari mereka.

Salah satu ciri kenari yang sudah disteril biasanya sudah tidak kelihatan mau kawin lagi meskipun dicampurkan satu sangkar dengan yang betina.

 

Terlalu Sering Dijodohkan

Selanjutnya, bisa jadi kenari Anda terlalu sering dijodohkan dalam waktu yang singkat. Karena tidak seperti lovebird, kenari jantan bisa kawin dengan banyak betina seumur hidupnya. Jadi waktu sudah selesai kawin dengan betina satu, kenari bisa langsung dikawinkan lagi dengan betina yang berikutnya.

Hal ini sebenarnya normal-normal saja. Dalam beberapa kasus, justru produksinya jadi bisa lebih cepat.

Tapi tidak jarang juga jadi ada kenari betina yang tidak keisi telurnya. Sebab kenari jantannya terlalu cepat dikawinkan lagi. Oleh karena itu kami sarankan beri jeda sekitar 1 minggu antara satu kali produksi dengan yang berikutnya.

 

Kenari Sudah Terlalu Tua

Jika dirawat dengan benar, sebenarnya kenari bisa hidup sampai sekitar 10 tahun. Tapi di usia-usia tua, yaitu di atas 8 atau 9 tahun, kenari sudah tidak bisa produksi lagi.

Cara paling mudah mengetahui kenari sudah tua atau belum adalah dilihat dari ceker alias kakinya.

Jika keriput di cekernya sudah sangat banyak, artinya kenari sudah sangat tua. Selain itu kenari yang sudah tua biasanya sudah tidak terlalu rajin bunyi.

 

Akhir Kata

Jadi sekarang Anda sudah tahu kenapa kenari jantan tidak ngisi padahal sudah mengikuti cara mengawinkan kenari yang benar. Setelah ini, silahkan jauhkan dulu hewan-hewan lain yang ada di rumah dan berikan kenari pakan yang bernutrisi beserta multivitamin setiap hari.

Leave a Comment