Kacer Terlihat Lesu dan Kurang Fit? Segera Atasi Dengan Cara ini

Ketika melihat tanda – tanda pada kacer seperti burung terlihat lemas, jarang bunyi, tidak nafsu makan, bahkan jarang terlihat gerak sama sekali, anda perlu segera melakukan langkah mengatasi kacer lesu untuk meningkatkan kembali staminanya. Sebab tiap burung kicau membutuhkan stamina yang tinggi untuk bisa mengeluarkan kicauan yang gacor.

Ketika kacer lemas dan staminanya rendah, maka kacer akan lebih sering ngeriwik – ngeriwik pendek saja. Bahkan dalam banyak kasus, kacer akan macet bunyi hingga berminggu – minggu sampai energinya kembali fit. Hal ini tentunya tidak diinginkan, apalagi bila kacer akan ikut kontes dalam waktu dekat.

Oleh karena itu, anda perlu menerapkan cara – cara mengatasi kacer lesu secepat mungkin sebelum proses pemulihannya semakin lama.

 

Gejala dan Faktor Penyebab Kacer Lemas

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, gejala utama pada kacer lesu adalah tubuhnya menjadi lemas dan jarang bergerak. Tapi bisa juga kacer mengeluarkan gejala yang lain seperti :

  • Tidak nafsu makan
  • Ngeriwik hingga macet bunyi
  • Jarang mau mandi
  • Lebih banyak tidur dan diam
  • Sering mengembangkan bulu
  • Jarang mau bertengker dan lebih suka berdiri di lantai sangkar
  • Seperti tidak punya semangat

 

Masalah pada burung kicau yang satu ini juga bisa disebabkan oleh banyak faktor. Baik faktor internal maupun eksternal. Beberapa contoh penyebabnya seperti :

  • Stress
  • Over train
  • Salah makan atau keracunan
  • Infeksi bakteri atau parasit
  • Terinfeksi cacingan
  • Kacer sedang sakit
  • Sangkar kotor dan tidak nyaman
  • Malnutrisi
  • Terlalu lama dijemur
  • Porsi pengumbaran yang berlebih

 

Cara Mengatasi Kacer Lesu dan Lemas Agar Kembali Fit

Nah, agar proses perawatannya tidak memakan waktu yang panjang, sebaiknya anda segera melakukan langkah perawatan untuk mengatasi kacer lesu berikut ini.

 

1. Selalu Berikan Pakan Yang Bernutrisi

Pertama – tama, berikan kacer pakan utama berupa voer yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tabel nutrisi ini bisa anda lihat di balik kemasan voer dan tiap merk voer memiliki kandungan nutrisi yang berbeda – beda. Tapi untuk mempermudah, anda bisa tanyakan langsung ke penjaga kios untuk mengetahui voer mana yang terbaik untuk kacer.

Selain itu, pastikan pula voer masih dalam keadaan segar dan belum expired. Usahakan cari voer yang punya tanggal expired di kemasannya. Dan jangan pernah beri pakan voer yang sudah berubah warna dari putih menjadi coklat atau dari kuning menjadi putih. Sebab itu tandanya voer sudah dipenuhi jamur.

Mengenai voer terbaik untuk kacer, kemaren kami sudah membahas berbagai voer yang paling banyak digunakan para pecinta burung.

Silahkan baca Chirpy, Topsong, Fancy Manakah Yang Paling Bagus Untuk Burung Kicau?

 

2. Tingkatkan Pemberian Extra Fooding

Cara meningkatkan stamina kacer secara alami adalah memberikan EF setiap hari dengan porsi yang lebih banyak dari porsi biasanya. Anda bisa meningkatkan pemberian EF hingga 3x lipat setiap harinya.

Menurut rekan-rekan pamankicau, EF yabg paling bagus untuk mendongkrak tenaga kacer agar tidak lesu adalah jangkrik.

Akan lebih bagus lagi kalo di sekitar anda ada yang jual jangkrik alam. Jangkrik alam mempunyai kandungan nutrisi hampir 2x lipat lebih banyak dari jangkrik biasa, sehingga sangat bagus diberikan pada kacer yang lesu.

Selain jangkrik, berikan juga cacing tanah untuk mengatasi kacer lesu. Anda bisa mencari sendiri di sekitar rumah, atau membeli di kios burung terdekat. Berikan 1 ekor cacing tanah yang sudah di bersihkan setiap pagi hari agar kacer kembali fit.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

3. Beri Multivitamin dan Multimineral Tambahan

Multivitamin dan multimineral ini biasanya diberikan untuk mengatasi burung kacer yang lemas karena malnutrisi. Sehingga tubuhnya bisa mendapatkan nutrisi dan vitamin tambahan untuk bertahan hidup dan mengembalikan staminyanya.

Anda bisa memberikan vitamin yang kami rekomendasikan, yaitu Maxiplus

Vitamin Maxiplus menganding vitamin, dan mineral yang sangat bagus untuk meningkatkan stamina burung.

 

4. Beri Obat Bila Kacer Cacingan

Cara paling mudah untuk mengetahui kacer anda cacingan atau tidak adalah dengan melihat kotorannya. Bila kotoranya sering berwarna putih encer dan hijau, maka kemungkinan besar kacer anda lesu karena cacingan.

Cara mengatasi kacer lesu pada kasus ini adalah dengan memberi obat cacing khusus untuk burung kicau. Anda juga bisa mencari obat – obatnya di kios burung terdekat.

 

5. Rajin Bersihkan Sangkar Kacer

Dan cara untuk mengembalikan stamina kacer yang terakhir adalah dengan rutin membersihkan sangkarnya. Termasuk juga tubuh kacer secara berkala.

Kombinasi perawatan harian berupa menjemur, memandikan, dan membersihkan sangkar ini sangat penting untuk menjaga kacer agar tidak terkena penyakit dan tetap membuatnya nyaman di sangkar.

 

Itulah langkah – langkah cara mengatasi kacer lesu agar kembali fit yang wajib anda terapkan. Pastikan anda mengatasi masalah ini sesuai faktor yang menyebabkan kacer lesu.

Leave a Comment