√ 9 Tips Merawat Trucukan Agar Cepat Gacor & Ropel Panjang

Burung trucukan atau burung trotokan merupakan jenis burung rumahan yang banyak dipelihara oleh sebagian masyarakat Indonesia. Hampir semua orang mempunyai burung trucuk dirumahnya. Jaman dulu pecinta burung trucukan ini adalah orang berusia menengah keatas, namun sekarang hampir semua orang memelihara burung ini dirumahnya.

Cara merawat burung trucuk agar cepat gacor



Burung trucuk sangat disukai oleh kalangan orang tua karena perawatannya yang sangat mudah. Burung ini juga bisa dijadikan penerima tamu karena sering menyambut orang yang masuk rumah dengan gaya "garuda". Selain itu trucukan juga mempunyai suara tipe ngeropel seperti cucak rowo, sehingga trucuk juga disebut burung cucak rowo versi hemat.

Pamor burung trucukan ini semakin naik dikarenakan banyak event lomba yang membuka kelas trucukan. Bahkan di Semarang kelas trucukan ini hampir selalu full gantangan. Dengan tingginya peminat burung ini, tak heran jika harga trucukan gacor sekarang sudah sangat mahal.

Perawatan Harian Trucukan

Sebenarnya tidak ada perawatan khusus agar trucuk bisa cepat gacor dan rajin ropel setiap harinya. Anda hanya butuh ketelatenan saja biar burung ini bisa gacor dan ngropel panjang.

1. Selalu sediakan pisang

Pisang kepok adalah makanan utama burung trucukan, di alam liar burung ini sangat menyukai buah buahan. Jadi berikanlah pisang setiap hari agar burung trucuk merasa seperti ada di alam liar.

2. Embunkan Trucukan

Pada saat subuh atau kira kira pukul 4.30 pagi, segera keluarkan trucukan anda dari dalam rumah. Trucukan sangat menyukai embun pagi, saat di embunkan burung ini biasanya akan langsung ngropel dengan nada merdu dan durasi yang panjang.

3. Rajin Dimandikan

Selalu mandikan burung trucukan anda setiap pagi hari, anda bisa menggunakan cepuk mandi khusus maupun dengan alat semprot. Pastikan anda menyemprot secara merata pada bulu trucukan.

4. Rutin Jemur Trucukan Anda

Setelah anda selelai memandikan trucukan, rawatan selanjutnya adalah menjemur burung trotokan ini. Sinar matahari yang disukai burung adalah pukul 6.00 sampai dengan pukul 7.30 pagi. Setelah melewati pukul 7.30 segera angin anginkan trucukan anda di teras rumah. Pada saat di angin anginkan inilah burung trucuk akan menunjukan kegacoranya.

5. Berikan EF secara rutin

Walaupun trucuk merupakan jenis burung pemakan buah buahan, ternyata burung ini juga sangat menyukai serangga loh. Serangga yang bagus untuk trucuk adalah jangkrik, UH, dan kroto. Berikan 3-5 jangkrik setiap hari, ditambah UH jika kondisi di musim hujan atau cuaca sedang dingin. Jangan lupa selalu berikan juga kroto setiap seminggu sekali untuk mendongkrak birahi nya.

Perawatan Trucuk Bahan 

Trucuk bahan merupakan burung trucuk baru yang ditangkap di alam liar, trucuk bahan dapat dibeli di Ombyokan maupun memikat sendiri di alam liar. Burung yang baru ditangkap dari alam liar pasti akan sangat giras dan dalam kondisi stress yang tinggi. Anda harus melakukan terapi ini agar trucuk bahan bisa cepat gacor.

1. Pastikan Trucuk Mau Makan

Yang wajib diperhatikan pertama kali adalah pastikan Trucuk yang anda beli mau makan di dalam sangkar. Sebab banyak juga trucuk ombyokan yang tidak mau makan dan akhirnya mati.

2. Fokus Menjinakan Trucuk Bahan

Kunci utama burung gacor adalah jinak, jadi jika anda menginginkan trucukan cepat gacor, jinakkan terlebih dahulu burung anda. Ada beberapa tips yang paling ampuh untuk menjinakan burung trucukan.

  • Perbanyak interaksi dengan burung, seperti memberikan makan secara langsung dan diletakan ditempat yang di lewati manusia.
  • Rutin dimandikan 2x sehari setiap pagi dan sore. 
  • Lakukan 2 hal diatas secara rutin, dalam 2 minggu trucuk anda akan cepat jinak.


3. Terapkan Perawatan Harian Diatas

Jika burung trucukan sudah jinak, selanjutnya anda masuk tahap menggacorkan trucuk tersebut. Cara membuat trucuk bahan menjadi rajin ropel sangat mudah, terapkan saja perawatan harian burung trucukan diatas secara rutin dan lihat perkembangan nya.

Pakan Agar Trucukan Tambah Gacor

Bukan hanya pisang yang disukai oleh burung ini, trucukan juga sangat menyukai buah lain seperti pepaya, apel, pir, timun layaknya cucak ijo. Agar trucukan tidak bosan dengan yang kita berikan, buatlah menu acak untuk pemberian buahnya. Misal di berikan pepaya seminggu sekali atau berikan apel seminggu sekali.

Dengan makanan yang bernutrisi tinggi dan bervariasi, trucuk akan merasa nyaman di dalam sangkar sehingga pasti akan rajin bunyi. Berikan juga vitamin alami madu untuk menambah staminanya setidaknya 2 minggu sekali.

Demikianlah pembahasan saya kali ini mengenai perawatan burung trucukan agar bisa cepat gacor dan mempunyai ropel yang panjang. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk rekan semuanya ya. Jika ada pertanyaan silahkan tulis saja di kolom komentar dibawah postingan ini ya. Terimakasih

0 Response to "√ 9 Tips Merawat Trucukan Agar Cepat Gacor & Ropel Panjang"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini