24 Ciri Kucing Persia Asli, Medium, & Mix Lokal

Kebanyakan orang mungkin mengira ciri kucing persia asli bisa dilihat dari wajahnya. Walaupun persia punya wajah yang khas dan berbeda dari kucing kucing ras lainnya, tapi ada banyak ciri lain yang perlu kita perhatikan. Dengan begitu, kita bisa tahu mana kucing persia yang masih purebred alias 100% asli dan mana yang hasil breeding campuran.

 

Di indonesia sendiri ada banyak kucing persia campuran yang kawin antara keturunan persia dan kucing ras lain. Bahkan tidak sedikit persia yang dikawinkan dengan kucing kampung lokal.

 


Vitamin paling dicari kicau mania, MAXIPLUS BIRD POWER SERUM!!
Gacoan anda lagi macet bunyi? Kurang gacor? Suara kurang tembus? Main kurang ngotot di lapangan? Sudahi pusingmu kawan, saatnya pakai MAXIPLUS
Info vitamin : Klik disini
Pemesanan via shopee : Klik Disini
 

Hasilnya, anak kucing tetap punya bentuk muka seperti kucing persia flatnose yang lucu. Tapi ciri-ciri lainnya seperti buntut, kaki, dan bulunya tidak seperti persia asli. Oleh karena itu dalam artikel kali ini kita akan membahas ciri-ciri kucing persia asli.

 

8 Ciri – ciri Kucing Persia Asli

Kucing persia asli bisa kita kenali lewat 8 ciri di badannya, yaitu:

  1. Bentuk badan
  2. Bentuk hidung
  3. Telinga
  4. Bulu
  5. Panjang kaki
  6. Ekor
  7. Bentuk Kepala
  8. Sifat

Agar lebih jelas, mari lihat penjelasan di bawah ini.

 

Bentuk Badan

Kucing persia asli punya badan yang bulat dan ukurannya lebih pendek dibandingkan kucing pada umumnya.

Bulatnya badan kucing persia bukan disebabkan karena kucing kegendutan atau overweight, melainkan karena bentuk bulunya yang mengembang.

 

Bentuk Hidung

Kucing persia yang asli memiliki bentuk hidung flatnose alias pesek. Jadi bila dilihat dari samping, kucing ini punya bentuk wajah yang lebih rata, tidak seperti kucing pada umumnya.

Tapi peseknya hidung kucing persia tidak serata kucing munchkin.

 

Telinga

Selanjutnya, kucing persia punya bentuk telinga yang pendek, kecil, dan berdiri. Telinganya tidak tertutup scottish fold.

Panjang telinga kucing persia ini sebenarnya beragam. Tapi rata-rata ras persia punya daun telinga yang lebih pendek dari ras kucing lain.

 

Bulu

Selain karena mukanya, kucing persia juga terkenal karena bulunya yang panjang, anggun, dan mengembang. Seperti yang dikatakan tadi, bulu kucing persia sangat mengembang hingga membuat tubuhnya seperti gemuk dan bentuknya terlihat bulat.

Kucing persia yang dirawat dengan baik bisa punya bulu hampir 5 inch atau sekitar 7 cm bila dirawat dengan baik.

 

Panjang Kaki

Ciri kucing persia asli yang berikutnya bisa kita lihat dari bentuk kakinya. Ras persia purebred punya kaki yang lebih pendek dari kucing lokal. Tapi tidak sependek kucing munchkin juga.

 

Ekor

Selanjutnya, lihat ekor kucing persia yang ingin kita cek. Umumnya kucing persia yang asli punya ekor panjang, hampir sama panjang dengan kucing siammese atau kucing anggora.

Selain itu, kucingnya dipenuhi bulu yang sama mengembangnya dengan bulu di tubuh kucing.

 

Bentuk Kepala

Bisa dibilang, kucing persia punya bentuk kepala yang besar dan bulat. Tapi ukuran kepalanya ini terlihat kecil karena ditutupi oleh bulu.

 

Sifat Kucing Persia

Terakhir, sifat kucing persia adalah penyayang dan penuh kelembutan. Kucing persia bukanlah tipe kucing yang agresif dan hyperactive. Justru kucing ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur dan bermalas-malasan dengan pemiliknya.

 

Ciri-ciri Kucing Persia Medium

Setelah tahu bagaimana ciri kucing persia asli, sekarang kita bahas bagaimana ciri dari ras persia medium.

  1. Bulunya panjang mengembang
  2. Telinganya lebih panjang
  3. Kakinya pendek
  4. Hidung lebih besar
  5. Ekor panjang dan berbulu
  6. Kepalanya besar
  7. Badannya bulat dengan bulu yang panjang
  8. Sama-sama punya sifat penyayang.

Kucing persia medium ini sendiri merupakan campuran antara kucing persia dengan ras lain selain kampung, biasana mainecoon atau anggora.

Sehingga harga kucing persia medium jauh lebih murah, bahkan bisa setengah dari harga persia yang asli.

 

Ciri-ciri Kucing Persia Mix Kampung

Yang terakhir, kita akan lihat bagaimana ciri kucing persia mix kampung berikut ini.

  1. Kakinya jauh lebih tinggi dari persia asli
  2. Bulunya sama-sama mengembang, tapi lebih pendek
  3. Bentuk hidungnya tetap flatnose pesek
  4. Badannya bulat
  5. Kepalanya lebih kecil
  6. Telinga kucing lebih panjang dan berdiri tegak
  7. Ekornya lebih pendek
  8. Sifatnya lebih aktif dan tidak bisa diam

Untuk mix pesia dan kampung sendiri biasanya ditentukan dari seberapa asli ras tersebut. Misalnya jika kita mengawinkan mix persia medium dengan ras kampung lokal, maka anakannya jadi semakin tidak mirip dengan kucing persia asli.

Harga anak kucing persia seperti ini pun jauh lebih murah, bahkan dibandingkan dengan harga persia medium.

Tapi tidak ada salahnya juga memelihara kucing persia mix kampung. Sebab dua-duanya tetap lucu dan menggemaskan. Jika Anda seorang pencinta kucing, tidak akan ada bedanya antara kucing persia asli, medium, atau mix kampung di mata kita.

 

Akhir Kata

Seperti itulah ciri-ciri kucing persia asli, medium, dan mix kampung. Kasih sayang yang diberikan kepada ketiga jenis kucing persia ini memang tidak akan ada bedanya jika kita seorang cat lovers asli. Tapi, kita juga harus tahu bagaimana ciri yang asli agar tidak ditipu ketika ingin adopsi kucing persia.

Leave a Comment